Pages

Ads 468x60px

Chat Here

Minggu, 28 Agustus 2011

Membuat OpenGL Menggunakan DevC++

Sebelumnya Diskusi Kuliah mencoba untuk membuat tutorial Instalasi OpenGL pada DevC++, kali ini Diskusi Kuliah akan mencoba untuk memulai sedikit tentang pemrograman Grafik pada OpenGL menggunakan DevC++. Sebenarnya banyak sekali yan
g dapat kita lakukan untuk membuat suatu grafik ataupun”bergelut” dengan coding dengan basis grafik yang tentunya menggunakan OpenGL. Untuk kali ini Diskusi Kuliah hanya memberikan sedikit gambaran mengenai Pemrograman Grafik menggunakan OpenGL pada DevC++, dan ini secara default sudah tersedia (disediakan oleh Library OpenGL). Kita langsung saja pada tutorialnya.

  1. pertama, kita harus membuat dulu suatu project yang nantinya mamu menyimpan code OpenGL yang akan dibuat. Klik File –> New –> Project..

2. Setelah itu, pada window New Project , klik tab Multimedia dan pilih OpenGL. Untuk bahasa pemrograman, Diskusi Kuliah disini menggunakan C++, anda juga bisa menggunakan bahasa pemrograman C.

3. Lalu klik OK, maka akan muncul suatu project yang sudah terisi dengan berbagai syntax programdari OpenGL. OpenGL, header yang dipakai adalah windows.h dan gl.h yang ada pada folder gl

4. Disini juga kita bisa mengatur ulang atau mengatur ukuran window yang akan menampilkan hasil eksekusi dari program yang telah dibuat.

5. Lalu, jika kita akan merubah atau menambahkan source code dan bereksperimen menggunakan OpenGL, kita hanya perlu mengubahnya pada bagian didalam /* OpenGl animation code goes here */. Pada badan Program inilah yang kita gunakan untuk mencoba pemograman grafik pada OpenGl dengan builder DevC++. Sebenarnya, jika kita Compile & Run (F9), program yang tadi kita buat sudah akan menampilkan contoh pemrograman grafik berupa gambar segitiga berwarna yang berputar, dan syntax untuk melakukan hal tersebut berada pada bagian program ini..


6. Satu lagi, jika kita akan programming secara lebih lanjut (advance), perlu menggunakan linkeryang lebih, kita dapat menambahkannya pada DevC++, dengan cara klik menu Project –> Project Options –> Parameter, lalu isi linker pada kolom Linker.

Itulah dasar untuk memulai pemrograman grafik menggunakan OpenGL, semoga apa yang Diskusi Kuliah berikan akan menjadikan hasil yang baik untuk para pembaca sekalian. untuk Instalasi OpenGL pada DevC++ anda bisa ikuti petunjuknya pada artikel Instalasi OpenGL pada DevC++.
Terima Kasih

Sumber ; .....

0 comments: